jam digital

Kamis, 21 Maret 2013

FOC TICKET....HALALKAH....?


Sudah lama sekali saya ingin menulis
tentang masalah yang satu ini…
(tiket foc dari iatca bolehkah…?...)
Namun tak bisa serta-merta saya lakukan …
Terkendala dasar ataupun dalil,
terbatasnya akses,
untuk mengetahui sumber-sumber shahih,
awal-mulanya…
ribet memang….
belum lagi tempat untuk bertanya…
sebenarnya saya sudah mendapat
dua penjelasan dari dua orang ustadz
yang saya anggap fakih dalam hal ini,
namun penjelasannya masih umum sekali
dan itu rasanya belum cukup
untuk memenuhi dahaga akan penjelasan yang tuntas…..
sampai akhirnya saya teringat akan seorang senior atc
yang saya anggap punya ilmu cukup
( beliau paham ilmu syariah/agama
dan bisa berbahasa arab,
jadi tak ada kendala bagi beliau
untuk merujuk ke kitab-kitab shaheh,
fikih, kitabussitah dan lain-lain)
lebih dari itu beliau anggota Iatca aktif sama seperti kita
sehingga beliau tahu dengan pasti
asal muasal pemberian tiket foc tersebut…
berikut isi smsnya sengaja tidak kami tulis alamat dan nama beliau …….

SMS pertama   :

Wa’alaikumussalam. Wr.wb…
maaf akh lama membalasnnya.
Gratifikasi sepertinya memang tepat
menggambarkan keadaan yang ……(nama saya)…sampaikan.
Kalau suap mesti ditelusur juga cara mendapatkan dan efeknya.
Mungkin lain tempat lain pula caranya.
Kalau dengan pemberian itu dimaksudkan, agar pelayanan
bagi mereka lebih diutamakan dari yang lain….
Bisa dikatagorikan  SUAP.
Kalau ada tekanan dari iatca bisa jadi  GHASAB (pemerasan);
Kalau kedua unsure diatas tidak terpenuhi masih mungkin juga
Jatuh ke SYUBHAT…
Tergantung  “kontrak” dari pihak –pihak yang terlibat.

Mungkin kerjasa sama yang mencerminkan kesetaraan
dan persahabatan bisa jadi opsi yang lebih menjadikan iatca
bermartabat.
Fyi iatca…..(salah satu cabang)… pernah memberi
support financial sekedarnya pada salah satu acara
harlah sebuah airline.

SMS yang kedua :

Semoga alloh memperbaiki ana wa antum (red.saya dan anda)
Saya sangat bersyukur dengan pertannyaan antum (anda).
Semoga ini menjadi awal yang bisa semakin
Memperbaiki jamaah iatca kita
Dan meringankan persoalan kita
Kelak di yaumil akhir…..


Terimakasih teman-teman yang telah membaca tulisan ini…
Tak ada maksud lain, kecuali untuk kebaikan kita semua
Iatca yang kita cintai….iatca yang kita banggakan….
salam santunku buat teman-teman
dimanapun kalian berada….
Di bandara-bandara di penjuru nusantara……


Tidak ada komentar:

Posting Komentar